Senin, 23 September 2013

Mengurangi asupan gula sangatlah sulit (tapi ide yang bagus) karena gula memang ditambahkan pada kebanyakan makanan yang kita beli di toko. Namun Anda bisa menggantinya dengan makanan rendah gula yang lebih sehat.

1.    Sandwich diganti dengan roti gulung
Ahli gizi Vicki Edgson mengatakan: “Roti tawar biasa penuh dengan gula (di antara lainnya) yang akan meningkatkan dan menambah berat badan.”

Roti gulung ( biasanya untuk membuat pita - makanan meksiko) tidak memiliki banyak gula, jadi pilih roti ini untuk makan siang Anda.

2.    Sushi nasi putih diganti dengan sushi nasi cokelat
Vicky mengatakan, “Secara tradisional nasi sushi dibuat dengan tambahan gula, jadi untuk menghindarinya, cari sushi yang dibuat dengan beras cokelat.

“Mungkin sulit untuk dapat menemukannya tapi makanan itu akan menjadi semakin umum.”

3.    Cokelat susu ditukar dengan dark chocolate
Segala sesuatu yang berhubungan dengan produk susu telah ditambahkan dengan gula agar produk tersebut tidak cepat menghilang dari pasar. Sebaliknya dark chocolate tak mengandung susu dan memiliki kandungan gula yang sedikit. Cokelat ini juga memiliki kandungan antioksidan.

4.    Saus pasta botolan diganti dengan saus tomat buatan rumah

“Saus di rak-rak supermarket dibuat untuk bisa tahan lama hingga setidaknya enam bulan, jadi saus tersebut memiliki banyak kandungan gula dan pengawet,” jelas Vicki.
“Tapi membuat saus sendiri memang tidaklah mudah. Panaskan saja tomat, bawang putih dan rempah-rempah secara bersamaan dan carilah botol sendiri yang dapat menjaga ketahanan saus selama beberapa pekan di lemari es.”

5.    Gula pasir diganti dengan kayu manis

Daripada memaniskan kopi atau jenang dengan gula (khususnya gula putih dan gula halus), gunakan sejumput kayu manis.

“Kayu manis tidak hanya memberi rasa manis tetapi juga antiinflamasi dan benar-benar bagus untuk orang-orang yang menderita kembung,” kata Vicki. Pala dan vanili juga dianjurkan.

6.    Produk saus botolan diganti dengan jus lemon dan cuka
Produk saus botolan sering ditambahkan dengan gula, itu sebabnya produk ini bertahan begitu lama. Daripada mengonsumsi kecap, saus cokelat atau bumbu favorit lainnya, cobalah jus lemon atau cuka untuk menambah rasa makanan Anda.

7.    Buah kering diganti dengan pisang

Buah kering penuh dengan gula saat buah itu terkonsentrat, jadi ganti buah kering dengan pisang dan segenggam almond.

8.    Saus salad diganti dengan minyak zaitun

Saus salad dapat mengurangi semua manfaat baik pada salad Anda. Ganti saus salad itu dengan sedikit minyak zaitun yang berkualitas baik.

9.    Roti tawar diganti dengan roti artisan

Roti penuh dengan gula, garam bahkan pengawet.
“Roti Artisan (roti bertekstur keras dari gandum) dibuat oleh toko roti kecil yang cenderung menggunakan lebih sedikit ragi dan gula,” kata Vicki.

“Lebih baik lagi jika Anda membuatnya sendiri - itu jauh lebih enak dan sangat bermanfaat.”

10.    Buah smoothie diganti dengan jus hijau
Buah, meski sangat baik bagi Anda, juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Dimakan utuh, seratnya mengurangi kandungan gula, namun dalam minuman smoothie, sebagian besar kandungan ini akan hilang dan minuman tersebut memiliki kandungan gula yang mirip dengan biskuit.

“Masukkan lebih banyak sayuran dalam jus Anda. Kale, seledri dan wortel yang jauh lebih ideal bagi Anda ketimbang smoothie beri yang manis,” saran Vicki.

0 komentar :

Posting Komentar